Pengkondisian Dua Kondisi (IF Else) - Algoritma dan Pemograman

Algoritma dan Pemograman

Pengkondisian dua kondisi (if else) adalah sebuah blok yang menyatakan bahwa suatu aksi/proses akan dijalankan apabila memenuhi salah satu dari dua kondisi yang ada. Berikut adalah contoh pengkondisian dua kondisi beserta penulisannya dalam bahasa algoritmik dan beberapa bahasa pemograman :

1. Bahasa Algoritmik

{ Deklarasi variabel }
myNumber : integer

{ Memberi masukan ke dalam variabel myNumber }
input(myNumber)

{ Pengkondisian, bilangan ganjil atau genap }
if (myNumber mod 2 = 1) then
    { Menampilkan hasil ganjil }
    output("myNumber bilangan ganjil")
else
    { Menampilkan hasil genap }
    output("myNumber bilangan genap")

2. Bahasa Pascal

program pengkondisian;

{ Deklarasi variabel }
var
    myNumber : integer;

begin
    { Memberi masukan ke dalam variabel myNumber }
    write('Masukan nilai myNumber = ');
    readln(myNumber);

    { Pengkondisian jika bilangan ganjil }
    if (myNumber mod 2 = 1) then
    begin
        { Menampilkan hasil ganjil }
        writeln('myNumber bilangan ganjil');
    end
    else
    begin
        { Menampilkan hasil genap }
        writeln('myNumber bilangan genap');
    end;
end.

3. Bahasa C++

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    // Deklarasi variabel
    int myNumber;

    // Memberi masukan ke dalam variabel myNumber
    cout << "Masukan nilai myNumber = ";
    cin >> myNumber;

    // Pengkondisian jika bilangan ganjil
    if (myNumber % 2 == 1)
    {
        // Menampilkan hasil ganjil
        cout << "myNumber bilangan ganjil\n";
    } else
        {
            // Menampilkan hasil genap
            cout << "myNumber bilangan genap\n";
        }

    // Mengembalikan nilai
    return 0;
}

4. Bahasa Java

import java.util.Scanner;

public class Main
{
    public static void main(String[]args)
    {
        // Deklarasi variabel
        int myNumber;

        Scanner masukan = new Scanner(System.in);
        try
        {
            // Memberi masukan ke dalam variabel myNumber
            System.out.print("Masukan nilai myNumber = ");
            myNumber = masukan.nextInt();
            
            // Pengkondisian jika bilangan ganjil
            if (myNumber % 2 == 1)
            {
                // Menampilkan hasil ganjil
                System.out.println("myNumber bilangan ganjil");
            } else
                {
                    // Menampilkan hasil genap
                    System.out.println("myNumber bilangan genap");
                }
        } catch(Exception e)
            {
                System.out.println("Harap masukan nilai berupa angka!");
            }
    }
}
4or Education

4or Education hadir sebagai blog edukasi yang menemanimu menjelajahi samudra ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sini, kamu akan menemukan berbagai artikel menarik dan informatif seputar : Pengetahuan, Pendidikan, Teknologi, dan Lain-lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama